Kabupaten Kampar

Kampar adalah Kabupaten tertua di Riau, yang berbatasan langsung dengan ibu kota Riau, Pekanbaru. Bupati Kampar saat ini adalah Burhanuddin Husein untuk periode 2006-2011. Burhanuddin menggantikan Jefri Noer. Kabupaten Kampar mempunyai banyak potensi yang belum diberdayakan secara maksimal diantaranya di bidang pertanian, perikanan dan perkebunan darat.

Pertanian

Bidang pertanian seperti kelapa sawit dan karet yang merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok buat lahan yang ada di Kabupaten Kampar.

Perkebunan

Khusus perkebunan sawit, pada tahun 2006 saja kabupaten Kampar mempunyai luas lahan 241,5 ribu hektare dengan potensi coconut palm oil (CPO) sebanyak 966 ribu ton.



Pariwisata

Di segi pariwisata Kabupaten Kampar juga tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya, seperti Candi MUARA TAKUS yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, namun untuk saat ini Pemda Kampar belum memaksimalkan pengelolaannya menjadi tujuan wisata, Mandi "Balimau Kasai" tradisi ini adalah mandi membersihkan diri di sungai Kampar untuk menyambut bulan suci Ramadhan. "Ma'awuo Lawuok" ini adalah menangkap ikan secara bersama-sama (ikan larangan) setahun sekali, ini berada di Ompang (kec. Bangkinang Seberang), danau Bokuok (kec.Tambang) dan sungai Subayang desa Domo(kec.Kampar Kiri hulu).

Di samping julukan BUMI SARIMADU kabupaten Kampar juga terkenal dengan julukan SERAMBI MEKKAH Propinsi Riau, ini disebabkan masyarakatnya yang hampir 100% beragama Islam (etnis ocu), demikian juga dengan pakaian yang sehari-hari yang dipakai bernuansa muslim.

Kabupaten Kampar juga memiliki sosok pejuang di zaman kolonial Belanda yang terkenal yakni Datuk Tabano dan Datuk Panglima Khatib

Kecamatan

Sejak tahun 2006, Kabupaten Kampar telah memiliki 20 kecamatan, sebagai hasil pemekaran dari 12 kecamatan sebelumnya. Kedua puluh kecamatan tersebut (beserta ibu kota kecamatan) adalah:

1. Bangkinang (ibu kota: Bangkinang)
2. Bangkinang Barat (ibu kota: Kuok)
3. Bangkinang Seberang (ibu kota: Muara Uwai)
4. Gunung Sahilan (ibu kota: Kebun Durian)
5. Kampar (ibu kota: Air Tiris)
6. Kampar Kiri (ibu kota: Lipat Kain)
7. Kampar Kiri Hilir (ibu kota: Sei.Pagar)
8. Kampar Kiri Hulu (ibu kota:Gema)
9. Kampar Timur (ibu kota: Kampar)
10. Kampar Utara (ibu kota: Desa Sawah)
11. Perhentian Raja (ibu kota: Pantai Raja)
12. Rumbio Jaya (ibu kota: Rumbio)
13. Salo (ibu kota: Salo)
14. Siak Hulu (ibu kota: Pangkalanbaru)
15. Tambang (ibu kota: Sei.Pinang)
16. Tapung (ibu kota: Petapahan)
17. Tapung Hilir (ibu kota: Pantai Cermin)
18. Tapung Hulu (ibu kota: Sinama Nenek)
19. XIII Koto Kampar (ibu kota: Muara Mahat)
20. Kampar Kiri Tengah (ibu kota: Simalinyang)

Posted in Label: |

0 komentar: